Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Total Tahun 2016

Wikimagz.com- Setelah 20 Maret 2015 kemarin Inggris mengalami Gerhana Matahari Total, kini giliran Indonesia yang tengah bersiap menghadapi Gerhana Matahari Total yang kabarnya akan terjadi pada 9 Maret 2016.

Dilansir dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), pihaknya kini tengah fokus untuk menghadapi Gerhana Matahari Total. Gerhana Matahari ini hanya dapat dinikmati di wilayah Indonesia saja sehingga dampaknya akan langsung dirasakan penduduk di Indonesia. Masih menurut catatan Lapan, Gerhana Matahari terakhir kali terjadi di Indonesia pada tahun 2012.


Gerhana matahari umumnya hanya terjadi secara singkat sekitar 2 hingga 3 menit saja. Gerhana Matahari pada tanggal 22 Juli 2009 konon masih menjadi gerhana matahari total dengan durasi terlama sepanjang abad 21 yaitu sekitar 6 menit 39 detik menurut ahli astronomi.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Gerhana Matahari Total?

Gerhana Matahari terjadi karena sinar matahari yang menyinari bumi tertutup oleh bulan. Atau untuk posisi tepatnya adalah ketika matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus. Pada dasarnya, bulan memang lebih kecil ukurannya dibandingkan matahari. Namun jarak bumi ke bulan dibandingkan bumi ke matahari lebih dekat yaitu sekitar 384.400 kilometer. Itulah sebabnya mengapa bulan yang ukurannya lebih kecil dapat menutupi cahaya matahari yang masuk ke bumi. Sementara itu, Gerhana Matahari Total terjadi saat gerhana mencapai puncaknya, yaitu ketika piringan matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan.



Nah, Sobat Wikimagz, perlu diketahui juga bahwa kita tidak boleh langsung menatap matahari secara langsung ketika tengah terjadi Gerhana Matahari. Kita disarankan untuk menggunakan kacamata gerhana matahari. Atau jika ingin lebih mudah, kita cukup menatapnya melalui bayangan di air.  Hal ini bertujuan supaya mata kita tidak rusak akibat cahaya langsung dari matahari. (*VSL)


Related Posts

Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Total Tahun 2016
4/ 5
Oleh