Tips Cara Membersihkan & Merawat Busi Agar Awet


Tips Cara Membersihkan & Merawat Busi Agar Awet

wikimagz.com - untuk sobat wikimagz pengendara roda 2 pasti merasa kesal ataupun jengkel dikala kendaraan kita tiba-tiba mati. Ada banyak faktor yang mampu mempengaruhi hal tersebut, tapi tidak dapat dipungkiri busi yang rusak ataupun kotor juga bisa menjadi penyebabnya.

Busi memiliki peran yang penting terutama di bagian pembakaran. Memang harga busi yang beredar di pasaran sebenarnya cukup murah. Yakni sekitar 20rb untuk Busi biasa. Pastinya kita harus merogoh kocek lebih dalam apabila kita ingin membeli Busi Iridium atau bahkan Busi Racing. Tapi tidak ada salahnya kita juga mempelajari tips ringan tentang Cara Membersihkan & Merawat Busi agar awet.



Yang perlu kita perhatikan disini adalah disaat membersihkan busi jangan pernah merendam Busi di dalam bensin atau cairan lainya, karena kemungkinan hal tersebut justru akan membuat umur Busi menjadi lebih pendek.  Selain itu membersihkan Busi dengan cara di Amplas juga kurang disarankan, karena hal tersebut bisab membuat lapisan elektroda pada Busi menjadi semakin tipis dan juga merenggangkan jarak antara Elektroda dengan kepala Busi.



Lantas bagaimanakah sebaiknya Cara Membersihkan Busi yang benar ?

Sebenarnya ada banyak versi tentang Cara Membersihkan Busi tetapi cara yang Wikimagz rekomendasikan adalah dengan menggunakan sikat yang telah sedikit dilumuri dengan bensin. Bersihkan bagian kepala Busi dari kotoran sampai benar-benar bersih.

Selanjutnya tinggal mengetes Busi tersebut. Cobalah menyalakan motor sobat dengan kondisi Busi yang telah terpasang. Lihatlah warna percikan apinya. Apabila warnanya biru, itu artinya Busi tersebut telah kembali dalam kondisi Optimal dan siap kita gunakan lagi. Apabila warna selain Biru yang terpercik cobalah untuk sekali lagi membersihkan Busi sobat.

Langkah ini sebaiknya kita lakukan secara berkala. Artinya, jangan tunggu sampai kendaraan kita mogok atau rewel baru kita bersihkan. Lebih baik mencegah sob... :D



Last... Busi adalah komponen penting dari kendaraan bermotor yang mengatur pengapian. Mengingat harga Busi yang cukup terjangkau, maka disarankan untuk mengganti Busi kendaraan sobat setiap 10.000 sampai 20.000 kilometer. Tidak ada salahnya juga kita menyediakan Busi cadangan dan kunci Busi di bagasi kendaraan.

Just in case sob . . . . :D

Related Posts

Tips Cara Membersihkan & Merawat Busi Agar Awet
4/ 5
Oleh