Curug Nangga, Curug Baru Nan Mempesona

Wikimagz.com- Banyumas memang dikenal dengan banyaknya wisata air. Mulai dari Curug Cipendok, Pancuran Pitu Baturaden, Curug Ceheng, Telaga Sunyi, dan juga masih banyak wisata air lainnya yang dapat dijadikan sebagai objek wisata. Nah, tidak terkecuali curug yang baru-baru ini menjadi sorotan warga Banyumas khususnya anak muda. Curug Nangga namanya.

Sejak mulai terekspose di berbagai sosial media, curug yang dikenal dengan sebutan Curug Nangga ini semakin hari semakin ramai pengunjung. Curug ini terletak di Desa Petahunan kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Curug Nangga menjadi pusat wisata baru untuk warga Banyumas dan sekitarnya karena keindahan alamnya yang sangat luar biasa. Tentu saja, curug nangga sebelumnya memang jarang terjamah kecuali oleh warga sekitar. Sehingga, keindahan serta kealamiannya masih sangat terasa.


Bagi Sobat Wikimagz yang ingin mengunjungi curug ini, sobat harus melalui jalan yang tidak biasanya. Seperti perjalanan menuju curug-curug lain yang sedikit ekstrem, Curug Nangga pun demikian. Jika datang dari arah Purwokerto, maka menujulah kearah Pangkalan ojek Cikawung dekat Rumah Makan Sumber Alam. Karena, sebelum pangkalan ojek tersebut, sobat akan menemukan sebuah gang masuk menuju Desa Semedo dan Desa Petahunan. Gang inilah yang harus sobat masuki untuk menuju Curug Nangga. Untuk memasuki gang ini, sobat masih bisa menggunakan kendaraan bermotor. Namun, jika sudah sampai di pemberhentian (parkir), sobat harus meninggalkan motor disana dan membayar biaya parkir sebesar dua ribu perak. Karena, jalan menuju curug nangga tidak dapat dilalui dengan kendaraan bermotor alias hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Selain biaya parkir, untuk memasuki Curug Nangga, sobat juga akan dikenai biaya retribusi sebesar tiga ribu rupiah. Dana tersebut nantinya akan digunakan sebagai perbaikan jalan menuju curug.

Dalam perjalanan menuju Curug Nangga, sobat akan disuguhi dengan pemandangan yang masih sangat alami. Pesona alam yang asri dan udara yang masih sangat segar, mengantarkan Sobat Wikimagz kepada sebuah “kepuasan”, dimana yang namanya lelah karena berjalan kaki sekitar 1-2 km pun TERBAYARKAN!! Tapi ingat, untuk perjalanan kaki ini harus dilakukan dengan hati-hati kalau tidak mau jatuh terguling. Pasalnya, medan ini cukup sulit dan jalan yang dilalui cenderung licin. Lebih aman jika sobat melepas alas sandalnya alias “nyeker”. Oh iya, di perjalanan ini sobat juga akan menemukan beberapa warung kecil yang nampak mulai dibangun. Warung ini bisa dijadikan alternatif pemberhentian sementara jika sobat sudah mulai merasa lelah berjalan kaki.

Nah, itu hanya bagian pemandangan menuju curug saja. Jika sobat sudah mencapai lokasi utama alias Curug Nangga, Waaaahhh… inilah yang akan membuat sobat lebih berdecak kagum.

Curug Nangga memiliki 7 tingkat air terjun yang tiap tingkatannya memiliki nama. Beberapa diantaranya bernama Nangga, Watim, Cikidang, Pewinihan dan Gombyang. Curug yang masih dibilang baru ini sangat indah dan mempesona. Lelah dan penat akan benar-benar terbayarkan jika sobat sudah mencapai lokasi ini. Dengan pemandangan yang sejuk dan warga desa yang ramah, menjadikan curug ini semakin nyata keindahannya. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan curug ini ya….!

Bagaimana sobat, tertarik untuk melakukan Trip ke curug ini? (*VSL)



 

Related Posts

Curug Nangga, Curug Baru Nan Mempesona
4/ 5
Oleh